SELAMAT DATANG ...
Silahkan melihat-lihat. Semoga terhibur. Tertarik bekerjasama? Silahkan hubungi saya di elkaferani@gmail.com


Rabu, 28 Januari 2009

MINARET: Panggilan dari Menara


Penulis: Leila Aboulela
Penerjemah: Elka Ferani
Penyunting: Hilmi Akmal
Tebal: 500 halaman
Harga: Rp46.000,-
Penerbit: HIKMAH (Kelompok MIZAN), Jakarta

Leila Aboulela dibesarkan di Khartoum, Sudan, tinggal di antara Dubai dan Aberdeen. Pada pertengahan usia dua puluhan, dia pindah ke Inggris. Leila Aboulela adalah pemenang pertama penghargaan Caine Prize untuk African Writing. Novel MINARET sendiri pernah dinominasikan untuk Orange Prize for Fiction tahun 2006. MINARET diselesaikannya selama tinggal di Indonesia, mengikuti suaminya bertugas selama empat tahun.

MINARET berkisah tentang Najwa, seorang mahasiswi muda di Universitas Khartoum, Sudan, yang datang dari keluarga pejabat. Cantik, kebarat-baratan, kaya, punya segalanya, bermasa depan cerah.

Tak dinyana, tragedi kudeta militer di Sudan memorak-porandakan segala impiannya. Ayahnya ditangkap dan dihukum mati, sementara Najwa beserta ibu dan saudara kembarnya, Omar, akhirnya mengungsi ke luar negeri.

Sebagai pelarian politik di London, hidup Najwa terus menukik ke dalam jurang kehancuran. Keluarganya perlahan mulai terserak berantakan. Dirinya sendiri pun tak terelakkan lagi, semakin terjerumus ke dalam belitan masalah. Omar yang dipenjara, ibunya yang sakit keras, uang yang semakin menipis sehingga dia harus bekerja sebagai pembantu, kekasih yang komunis dan tak kunjung menikahinya....

Jiwanya yang terimpit memberontak, mencari jalan keluar, berusaha bangkit dari keterpurukan, mencari pegangan. Najwa pun mendapatkan hidayah. Dia memutuskan untuk kembali ke jalan-Nya, berjuang untuk membersihkan dan menyucikan diri.

“Ini adalah suara perempuan modern…muda, segar, berbeda, menantang, liar .”
--Rachel Cusk, penulis novel Saving Agnes, pemenang Whitbread Prize 1993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar